Kabupaten Trenggalek Bertekad Menjaga Ekosistem Karst

Info Menarik  Kabupaten Trenggalek Bertekad Menjaga Ekosistem Karst.


<!––>
Kawasan wisata bahari pantai Karanggongso, di Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini berjarak kurang lebih 52 km di selatan kota Trenggalek. TEMPO/Aris Novia Hidayat

TEMPO.CO, Treanggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, berkomitmen untuk mengelola ekosistem karst secara lestari dan berkelanjutan.
“Kawasan karst merupakan tangki raksasa penyimpan air bawah tanah yang harus terus dijaga agar tetap lestari,” kata Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak saat menerima kunjungan kerja tim dari Ditjen Pengelolaan Ekosistem Karst di Trenggalek, Selasa, 4/12.

Selain itu karst merupakan tempat tinggal berbagai jenis flora dan fauna langka, kawasan mineral tak terbarukan, serta wilayah kunci sistem hidrologi kawasan. “Ekosistem karst ini penting bagi keseimbangan alam serta lingkungan hidup,” katanya. Kawasan karst berfungsi sebagai pengendali dan rem agar ekosistem dan lingkungan hidup berjalan harmonis.

Dia mewanti-wanti aktivitas ekonomi masyarakat tidak boleh bersifat merusak lingkungan, termasuk aktivitas penambangan pasir/batu. Penambangan itu, harus dikelola secara tepat dan berimbang. “Komitmen pengelolaan karst secara lestari dan berkelanjutan inilah yang menjadi kontrol,” kata Emil.

Kebijakan tersebut mendapat apresiasi positif Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Tandy Tjahjana yang memimpin rombongan tim KKLH. Ia menyambut baik komitmen antara pihaknya dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek terkait karst.

Tandy  menyatakan ekosistem karst sangat penting untuk kegiatan ekstraktif pemanfaatan pertambangan dan kehutanan. Juga kegiatan non ekstraktif bentang alam, jasa lingkungan dan jasa biologis maupun sosial.

Jadi potensi ini tidak hanya berasal dari hasil tambang, melainkan bisa juga dari potensi wisata. “Itu  akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.”

ANTARA

Info Menarik ini pernah terbit dengan judul Kabupaten Trenggalek Bertekad Menjaga Ekosistem Karst

Tags: